Senin, 13 Maret 2017

Pelatihan Memory Choach

Kiat-kiat Mengurangi Lupa dalam Belajar.
Kiat terbaik untuk mengurangi lupa adaah dengan cara meningkatkan daya ingat akal kita. Banyak ragam yang dapat dicoba dalam meningkatkan daya ingatan, antara lain menurut Barlow (1985), Reber (1988), dan Anderson (1990), adalah sebagai berikut.
1. Overlearning (belajar lebih) artinya upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar atas materi pelajaran tertentu. Maksudnya adalah melakukan pembelajaran atas respons di luar kebiasaan. Misalnya pembacaan teks Pancasila pada setiap hari Senin dan Sabtu memungkinkan ingatan siswa terhadap P4 lebih kuat.
2. Extra Study Time (tambahan waktu belajar) adalah upaya penambahan alokasi waktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan) aktifitas belajar.
3. Mnemonic Device (muslihat memori) atau yang juga sering disebut mnemonic yang berarti kiat khusus yang dijadikan “alat pengait” mental untuk memasukkan item-item informasi ke dalam sistem akal. Muslihat mnemonik ini banyak ragamnya, diantaranya adalah rima, singkatan, sistem kata pasak, metode losai, dan sistem kata kunci.
4. Pengelompokkan, maksudnya adalah menata ulang item-iten materi menjadi kelompok-kelompok kecil yanhg dianggap lebih logis dalam arti bahwa item-item tersebut memiliki signifikansi dan lafal yang sama atau sangat mirip.
5. Latihan terbagi, yaitu latihan terkumpul yang dilakukan untuk menghindari cramming, yakni belajar banyak materi secara tergesa-gesa dalam waktu yang singkat.
6. Pengaruh letak bersambung, yaitu dengan cara menyusun daftar kata-kata (nama, istilah, dan sebagainya) yang diawali dan diakhiri dengan kata yang harus diingat serta diberi huruf dan warna yang mencolok agar tampak sangat berbeda dari kata-kata yang lainnya yang tidak perlu diingat.
Ada salah satu teknik yang paling terkenal untuk peningkatan ingatan, disebut metode PQ4R, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar dan mengingat materi yang disajikan dalam suatu buku teks ( Thomas dan Robinson, 1972). Metode ini mengambil nama dari singkatan huruf pertama keenam tahapannya :
1) Preview (penjajakan), untuk mendapatkan tentang berbagai topik pokok dan bagiannya.
2) Questions (mengajukan pertanyaan-pertanyaan), membuat pertanyan untuk setiap bagian.
3) Read (membaca), membaca bagian itu dengan teliti untuk menjawab pertanyaan.
4) Reflect (merefleksikan), merefleksikan teks pada waktu membaca ,memikirkan, dan menghubungkan dengan pengetahuan yang sudah ada.
5) Recite (menceritakan), mengulang setelah menyelesaikan satu bagian.
6) Review (mengulang), seteleh menyelesaikan satu bab penuh.
Ringkasnya metode ini bergantung pada tiga prinsip dasar untuk meningkatkan ingatan : mengorganisasi materi, menguraikan materi, dan melatih pengingatan kembali. Kebanyakan metode belajar yang dikemukakan oleh para pendidik dan para ahli lainnya berdasarkan pada prinsip yang sama.

Sumber : https://30riyadh.wordpress.com/2011/06/02/artikel-memory-manusia/


Asiknya Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 28 Januari 2017

Pembelajaran di luar kelas More

Penyuluhan Perawatan Gigi

Selasa, 27 Desember 2016

Ahli Gigi More

Jadi ngga perlu mikirin nomor rekening, cukup hafal nomor induk siswa saja, terang Aristo Gunawan Potaboga, Relationship Manager Funding BMI. More

CINTA BUDAYA SUNDA

Selasa, 27 Desember 2016

TATAR PARAHYANGAN More



© 2015 SMP DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL. All rights reserved.