Selasa, 20 September 2016

PSIKOTES KELAS 7

A.    KEGIATAN TES PSIKOTES KELAS VII

Oleh : Herri Setiawan, S.Pd

Ketua Pelaksana : Muhamad Yunus, S.Pd

Tujuan dari Tes Psikotes

 Tes Psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis.

Sebagaimana yang telah diungkapkan dalam tulisan diatas. Inti pengukuran adalah untuk meramalkan konatif (kecenderungan perilaku) yang diperoleh melalui psikotes (tes kognitif dan afektif) maupun assessment (mengungkap konatif secara langsung).

Definisi/ Pengertian/ Penjelasan dari Tes Psikotes

Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam hal ini yang diukur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau visual. misalnya saja evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu. Yang paling umum adalah mengenai kognitif (biasa disebut intelligence atau IQ), dan afektif (lebih bersifat personality atau juga emosional).Adapula yang mengukur langsung secara konatif, biasanya umum dilakukan dalam tes assessment. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

Aplikasi dari Tes Psikotes

Tes Psikologi dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan bersifat klinis untuk melihat lebih detail gangguan perilaku yang muncul, perkembangan anak, atau kustomisasi design dan modul dalam suatu pelatihan ataupun training (biasanya banyak dikembangkan dalam Outbound Management Training).


Keperluan Pendidikan

Jasa pemeriksaan psikologis juga meliputi Pengukuran, Bimbingan konseling, dan Pelatihan untuk pendidikan. Dari mulai Playgroup, TK, SD, SMP, dan SMU. Arah pemeriksaan dapat ditujukan untuk mengukur intelegensi (IQ), arah minat dan bakat, keajegan belajar, konsentrasi, kematangan emosional, interaksi sosial, kepercayaan diri, dan lain sebagainya. Sehingga berdasarkan hasil tes psikotes di SMP ECO PESANTREN DAARUT TAUHID BANDUNG,menyimpulkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan, minat, dan bakat santri.



RIHLAH KELAS 8 SMP DTBS PUTRA

Senin, 10 April 2017

TAHUN AJARAN 2017/2018 More

Pada tahun ini, Haflah Mubaarokah mengusung drama musikal yang bertajuk “Cakrawala Islam di Langit Andalusia, yang merupakan adaptasi dari novel ‘Badai Matahari Andalusia More

Perlombaan ini digelar dalam rangka memperingati Ulang Tahun Gerakan Pramuka, dan diikuti oleh SMP se-Jawa Barat. SMP DTBS Putri menjadi Juara Umum, dan membawa pulang 10 piala. More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.