Kamis, 07 Maret 2024

Jurnal Refleksi

Satu minggu kegiatan calon penggerak memberikan pembelajaran berharga bagi saya terutama kata; menuntun, memberikan teladan, dan kodrat anak. Perubahan yang terjadi di kelas adalah murid dapat mengeksplor diri sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sehingga menghasilkan murid yang berpikir kritis, komunikatif, kolaboratif dan inovatif. Saat itu saya meminta murid untuk mempresentasikan pemahaman materi Pangkat dan Akar dengan membuat video kreatif.

Ide dan gagasan timbul sepanjang proses perubahan adalah memberikan intruksi yang jelas kepada murid melalui tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan. Dimulai dengan memilih sub-materi, membagi tugas secara adil, saling menghargai, dan teknik pembuatan video dengan diserahkan kepada murid agar bisa mengeksplor ide dan gagasan yang dimilikinya. 

Dari proses kegiatan belajar mengajar hari itu memberikan kesan pembelajaran menyenangkan dan bahagia. Murid berkolaborasi menyusun materi yang akan dipresentasikan, Murid saling berbagi peran, Murid menunjukkan ide kreatif dan inovatif, dan Murid mampu berpikir kritis.

Testimoni dari Bapak Ahmad Malik Ibrahim (Guru Matematika Kelas 7)
Konsep yang dilakukan Bu Erni menarik, dimulai dengan memberikan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), menerangkan tahapan-tahapan pengerjaan, dan penerapan yang menyesuaikan dengan hobi anak yaitu generasi dengan teknologi-gadget. Ini memberikan pengalaman terbaru bagi saya yang sama-sama Guru Matematika, ternyata memberikan pemahaman yang baik dan pengajaran yang sesuai dengan zamannya memberikan kesan mendalam untuk anak-anak. 



BRTT Everyday It's Easy

Rabu, 03 Oktober 2018

BRTT Lingkungan Sekitar More

Pakaian santri sehari-hari More

Kiat Membina Persaudaraan

Minggu, 02 Agustus 2020

2B2L More

By Sora Yudistira More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.