Rabu, 29 Agustus 2018

Qurban Santri 2018

Alhamdulillah tim SMP DTBS Putra telah melaksanakan kegiatan "Penyembelihan Hewan Qurban 2018 Dalam Rangkaian Hari Raya Idul Adha 1439 H pada  hari Sabtu, 25 Agustus 2018 bertempat di Eco Pesantren dari pukul 07.00 - selesai. Didamping oleh seluruh civitas SMP DTBS PUTRA. Ada beberapa rangkaian kegiatan Idul Adha tahun ini adalah : penyembelihan hewan qurban ; lomba menyate ; membagikan daging kurban kepada warga sekitar dengan bekerja sama bersama DT Peduli.
Tujuan kegiatan ini adalah :
1)Menunaikan kewajiban seorang muslim untuk berkurban
2)Memberikan edukasi kepada seluruh santri tata cara penyembelihan hewan qurban
3)Menjalin silaturahim antara pihak SMP DTBS Putra dengan warga sekitar
4)Berbagi dengan sesama muslim yang membutuhkan

mengutip dari laman https://www.islamcendekia.com/2014/10/arti-makna-dan-hakikat-idul-adha-qurban.html tentang Hakikat qurban idul adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah.

Sebagaimana ujian Allah kepada nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridha Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekadar ibadah, kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam idul adha.

Serbagaimana arti kata qurban yang bermakna qarib atau dekat kepada Allah, maka hakikat kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Karena itu, makna qurban dalam pengertian Islam adalah bentuk pendekatan diri kita kepada Allah melalui lantaran hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih.

Dengan begitu, kita merelakan sebagian harta kita yang sebetulnya milik Allah untuk orang lain. Ini menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah. Syaratnya, dalam qurban kita harus benar-benar untuk mencari ridha Allah, bukan untuk yang lain. Inilah hakikat qurban dalam Islam yang sebenarnya.

Demikian arti, makna dan hakikat qurban idul adha dalam tradisi Islam yang dibangun sejak sepeninggal Nabi Ibrahim sampai sekarang. Semoga artikel tentang arti makna dan hakikat qurban idul adha dalam Islam memberikan manfaat nyata kepada pembaca untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.



SMP DTBS Putri Gelar IHT

Kamis, 29 Desember 2016

In House Training bagi guru-guru smp DTBS Putri More

PENGUMUMAN TES PPDB IKHWAN

Kamis, 25 Februari 2016

Tes Tanggal 20 Februari 2016 More

Setelah melantik ratusan wisudawan SMP DT, Aa Gym menyampaikan amanatnya. Tidak hanya wisudawan, tamu undangan dan guru-guru pun tampak khusyuk mendengarkan. More

Pengumuman Kelulusan Seleksi PPDB SMP DTBS Tahun Ajaran 2017-2018 Pelaksanaan Seleksi 10 Desember 2016 More



© 2023 smpdtbs All rights reserved.